APDESI Kecamatan Wonggeduku Terinspirasi oleh Desa Digital Kalurahan Pleret

09 Mei 2024
Rifqi Fatoni
Dibaca 43 Kali
APDESI Kecamatan Wonggeduku Terinspirasi oleh Desa Digital Kalurahan Pleret

InfoPleret - Pada Kamis, 9 Mei 2024, kegiatan "Sinau Desa Digital" di Kalurahan Pleret, Kabupaten Bantul, menjadi sorotan bagi Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Sebanyak 33 peserta, yang terdiri dari berbagai elemen penting di Kecamatan Wonggeduku, turut serta dalam acara tersebut.

Hadir dalam kegiatan ini adalah Camat Wonggeduku, Hj. Martini, S.Sos, Ketua APDESI Kecamatan Wonggeduku, Bapak Jupran, S.Si., Kepala Desa, Sekretaris Desa se-Kecamatan Wonggeduku, serta Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Wonggeduku. Mereka semua hadir untuk memperdalam pemahaman tentang penerapan teknologi informasi dalam pembangunan desa.

Lurah Pleret, Taufiq Kamal, menjadi narasumber utama dalam acara tersebut. Dalam paparannya yang mendalam, beliau menjelaskan secara komprehensif tentang konsep Desa Digital Kalurahan Pleret, mencakup aspek pemerintahan desa, pemberdayaan masyarakat, pembinaan, dan pembangunan desa secara menyeluruh.

Apresiasi yang tinggi terhadap paparan Lurah Pleret, Taufiq Kamal, disampaikan oleh Ketua APDESI Kecamatan Wonggeduku, Bapak Jupran, S.Si. Beliau mengakui bahwa banyak ilmu yang berharga telah disampaikan oleh Lurah Pleret, yang dapat menjadi inspirasi bagi upaya pembangunan desa di wilayah mereka.

Kegiatan "Sinau Desa Digital" ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga mendorong semangat kolaborasi antarinstansi dalam memajukan desa melalui pemanfaatan teknologi informasi. Hal ini menjadi langkah awal bagi Kecamatan Wonggeduku untuk mengimplementasikan konsep Desa Digital dalam pembangunan desanya.