Observasi Lapangan Desa Antikorupsi di Kalurahan Pleret

02 Juli 2024
Rifqi Fatoni
Dibaca 49 Kali
Observasi Lapangan Desa Antikorupsi di Kalurahan Pleret

InfoPleret, Selasa, 2 Juli 2024 — Kalurahan Pleret mendapat kehormatan untuk mewakili Kabupaten Bantul dalam ajang desa percontohan antikorupsi yang diadakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia. Bersama dengan dua kalurahan lainnya, Kalurahan Pleret berpartisipasi dalam observasi lapangan yang dilaksanakan oleh tim penilai.

Tim penilai yang hadir berasal dari berbagai instansi seperti Inspektorat DIY, Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY, Inspektorat Kabupaten, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Kabupaten. Dengan jumlah total penilai sekitar 10 orang dan didukung oleh 5 anggota tim pendukung, observasi ini diharapkan mampu memberikan penilaian yang objektif dan komprehensif.

Kegiatan observasi lapangan ini mencakup beberapa agenda penting, antara lain:

1. Paparan Materi: Lurah Kalurahan Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., memaparkan berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka menciptakan desa antikorupsi. Beliau menjelaskan profil kalurahan, potensi dan keunggulan yang dimiliki, serta langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan korupsi yang telah diterapkan di lingkungan kalurahan.

2. Observasi dan Bukti Fisik: Tim penilai juga melakukan observasi langsung dengan memeriksa bukti-bukti fisik yang telah disiapkan sesuai dengan instrumen penilaian. Bukti-bukti ini dibagi menjadi lima meja sesuai dengan jumlah komponen penilaian, dan setiap meja dijaga oleh petugas yang kompeten dan siap untuk menjawab berbagai pertanyaan dari tim penilai.

3. Acara Sambutan dan Paparan: Kegiatan ini diawali dengan sambutan dan paparan dari Lurah Pleret yang berlangsung selama 30 menit. Dalam paparan tersebut, Lurah Pleret memaparkan inovasi-inovasi yang telah diterapkan di kalurahan, termasuk penggunaan berbagai aplikasi digital untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan desa.

Observasi lapangan di Kalurahan Pleret dilakukan secara sederhana namun penuh makna. Upaya ini menunjukkan komitmen yang kuat dari Pemerintah Kalurahan Pleret dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dari praktik korupsi dan menjadi contoh bagi kalurahan lainnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Kalurahan Pleret dapat meraih hasil yang optimal dan menjadi salah satu desa percontohan antikorupsi di Kabupaten Bantul. Observasi ini juga menjadi ajang pembelajaran dan evaluasi bagi seluruh pihak terkait dalam meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan desa yang lebih baik dan transparan.