Pelatihan Penguatan Kelembagaan Pokdarwis / Desa Wisata Di Kalurahan Pleret

24 September 2024
Sudebyo
Dibaca 21 Kali
Pelatihan Penguatan Kelembagaan Pokdarwis / Desa Wisata Di Kalurahan Pleret

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Pokdarwis/Desa Wisata di Kalurahan Pleret, Kapanewon Pleret, pada tanggal 23 hingga 25 September 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai lembaga yang ada di Kalurahan Pleret, termasuk Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Panewu Pleret, serta Lurah Pleret.

Panewu Pleret, Ibu Evie Nur Siti Fatonah, S.Sos, MM, dalam sambutannya menyatakan harapannya agar pelatihan ini dapat meningkatkan sektor pariwisata di Kalurahan Pleret. Menurutnya, dengan adanya penguatan kelembagaan Pokdarwis, potensi wisata di wilayah tersebut dapat semakin optimal dan memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat lokal.

Acara ini dibuka secara resmi dari Dinas Pariwisata Bantul, yang diwakili oleh Bapak Suharno, S.Si, MAP. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa Kalurahan Pleret memiliki banyak situs peninggalan Kerajaan Mataram yang dapat dijadikan daya tarik wisatawan. Potensi ini, jika dikelola dengan baik, bisa menjadi magnet bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Hari pertama pelatihan menghadirkan lima narasumber yang kompeten di bidangnya. Mereka memberikan wawasan penting terkait pengelolaan desa wisata, di antaranya:

Bapak Koko (Puspar UGM) dengan materi Tahapan Pembentukan Desa Wisata.

Bapak Fahlul Mukti dengan materi Pengembangan Desa Wisata oleh Masyarakat.

Bapak Bobi dengan materi Pengelolaan Desa Wisata yang sesuai dengan Kebutuhan Industri.

Ibu Ike Janita Dewi, PhD. (UNY) dengan materi Konsep Pentahelix dalam Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat.

Bapak Agus Jati Kumara, SE (Forkom Desa Wisata) dengan materi Seluk Beluk Pengelolaan Desa Wisata.

Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kapabilitas kelembagaan Pokdarwis di Kalurahan Pleret dalam mengelola potensi wisata, sehingga mampu menarik lebih banyak wisatawan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.