Apel Besar Kaposkamling Tingkat POlres Bantul 2017

25 Januari 2018
Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs.
Dibaca 305 Kali
Apel Besar Kaposkamling Tingkat POlres Bantul 2017

infoPleret- Siskamling merupakan aktifitas kesadaran yang didasarkan atas kesamaan maksud dan tujuan yang berorientasi pada kerjasama pelayanan keamanan terbatas di lingkungan masyarakat sebagai upaya mencegah gangguan kamtibmas. Desa Pleret, melalui Polsek Pleret mengikuti agenda ini dengan mengikutsertakan tokoh masyarakat penggiat Poskamling.

“Kegiatan siskamling ini merupakan wujud sinergitas Polri dan masyarakat untuk berpartisipasi dan peduli meningkatkan kepekaan dan daya tangkal masyarakat terhadap masalah keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” kata Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi SIK MM saat memberikan arahan dalam Apel Besar Kaposkamling Tingkat Polres Bantul Tahun 2017 di halaman Mapolres Bantul, Selasa (5/9/2017).

Apel diikuti seluruh perwakilan awak kamling se-Kabupaten Bantul, para pejabat utama, anggota/PNS Polres Bantul, Kapolsek Jajaran dan Bhabinkamtibmas.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, secara garis besar siskamling mempunyai tujuan meningkatkan kewaspadaan terhadap prediksi munculnya potensi kejahatan yang dapat terjadi ditengah-tengah masyarakat.

“Kami menilai, siskamling sangat efektif untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan, siskamling juga berfungsi sebagai sebagai forum silaturahmi antar anggota masyarakat satu dengan yang lain yang memberikan nilai kemanfaatan dan semangat kebersamaan.

“Untuk itu, kepolisian selalu berupaya mengajak masyarakat selalu sadar dan peduli terhadap kamtibmas di lingkungananya, dengan harapan masyarakat mampu menjadi polisi terhadap dirinya , keluarga dan lingkungannya sendiri,” imbuhnya.

Diakhir arahannya, kepada seluruh awak kamling yang hadir Kapolres Bantul berpesan agar masyarakat selalu meningkatkan peranannya dalam pemeliharaan kamtibmas dan dalam pelaksanaannya untuk selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Kapolres juga berpesan agar dilakukan deteksi dini terhadap segala potensi gangguan kamtibmas guna antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Laporkan setiap ada hal-hal yang bisa menimbulkan kerawanan di masyarakat,” tandasnya.