Berita

NGURI URI KABUDAYAAN JAWI, KARAWITAN an dibantaran SUNGAI KALI OPAK

17 April 2018
Vaksin
Dibaca 145 Kali
NGURI URI KABUDAYAAN JAWI, KARAWITAN an dibantaran SUNGAI KALI OPAK

infoPleret- Kelompok Karawitan Laras Mulyo merupakan kelompok karawitan yang berada di Pedukuhan Gunungan. Kelompok ini terdiri dari 21 orang termasuk sinden yang berjiwa seni tinggi, dan mepunyai base camp di Priyan Potorono, Pleret, Bantul yang berdiri sejak tahun 2010.

Pada hari Senin, 16 April 2018 menjadi hari yang istimewa bagi kelompok karawitan tersebut, dikarenakan malam itu kelompok karawitan tersebut akan pentas pada pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Seno Nugroho. Bertempat di kawasan wisata Banyu Kencono, pentas karawitan ini sekaligus sebagai promosi ataupun memperkenalkan kepada khalayak umum bahwa karawitan di jaman sekarang ini masih memiliki eksistensi. Selain itu, acara pentas karawitan tujuannya untuk melestarikan kebudayaan dan menyalurkan bakat bagi para seniman. Akan tetapi, satu hal yang masih menjadi kendala yakni belum mempunyai alat gamelan. Seharusnya hal ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah setempat.

Hadir dalam pementasan tersebut DPRD bantul, perwakilan dari Kecamatan Pleret, Dinas Kebudayaan, Camat/Sekcam Pleret, Kapolsek Pleret, Danramil Pleret, seluruh Pamong Desa Pleret dan warga masyarakat dari wilayah sekitar.

 

 

 

 

(han)

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image