Gowes Jelajah Situs Pleret Dalam Rangka Sinergi Program dengan Kundha Kabudayan

10 Maret 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 467 Kali
Gowes Jelajah Situs Pleret Dalam Rangka Sinergi Program dengan Kundha Kabudayan

InfoPleret - Jum'at, 10 Maret 2023 Pemerintah Kalurahan Pleret mengadakan kegiatan Gowes Jelajah Situs Pleret bersama Kundha Kabudayan, Panewu, Kapolsek serta Pamong Kalurahan Pleret.

Hadir mengikuti acara ini Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DIY Dian Lakshmi Pratiwi, SS., M.A., Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Nugroho Eko Setyanto, S.Sos., MM., Panewu Pleret Evie Nur Siti Fatonah, S.Sos., MM., Kapolsek Pleret AKP Titik Esti Handayani, S.I.Kim., MM.I., Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., Bhabinkamtibmas, serta Jajaran Pamong, Dukuh dan Staf Kalurahan Pleret.

Gerbang Pleret Arsitektur Gaya Yogyakarta menjadi titik kumpul peserta gowes, disini disediakan teh poci dan pisang goreng khas angkringan mbah mo. Kemudian peserta gowes menuju situs kerto melewati pinggiran sungai gajah wong didampingi pemandu dari petugas Museum Pleret, di Situs Kerto yang merupakan bekas sitiinggil keraton kerto ini peserta diberi penjelasan tentang peninggalan-peninggalan ompak dan bebatuan bekas kejayaan kerajaan Mataram Islam.

Setelah selesai menikmati tempat bersejarah di kerto peserta gowes pindah ke museum pleret, disini disampaikan beberapa informasi sejarah tentang keberadaan sumur gumuling dan berbagai peninggalan bersejarah yang ditemukan dipelosok kabupaten bantul. Museum yang telah banyak melakukan pembenahan ini terlihat bagus dan menarik perhatian banyak peserta gowes.

Dan akhirnya peserta gowes diajak oleh Lurah Pleret untuk menikmati hidangan kuliner di sebelah timur lapangan Kanggotan yang diberi nama Taman Kuliner Brilian, sebuah tempat kuliner berbagai macam makanan dan minuman yang pembangunannya dibiayai oleh dana CSR Bank BRI yang diberikan kepada Pemerintah Kalurahan Pleret.

Diharapkan dengan adanya jelajah situs ini terbangun sinergitas program antara Pemerintah Kalurahan Pleret bersama Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul dan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY, sehingga percepatan pembangunan dan pelestarian budaya di wilayah kalurahan pleret bisa lebih bermanfaat bagi warga masyarakat pleret.

Â