TARUNA TANI, Generasi Petani Masa Depan

19 April 2018
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 288 Kali
TARUNA TANI, Generasi Petani Masa Depan

infoPleret- Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kecamatan Pleret mengadakan sosialisasi, pembentukan, dan pelatihan tentang taruna tani Desa Pleret yang berlangsung selama 2 hari, hari Rabu-Kamis, 18-19 April 2018. Bertempat di Kompleks Balai Desa Pleret, kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Lurah Desa Pleret, Dinas Pertanian Kabupaten Bantul dalam kesempatan ini yang mewakili Ir. Supatmi, M.Sc, BP3K Kecamatan Pleret.

Tujuan dibentuknya Taruna Tani adalah untuk meregenerasi kembali para Petani yang sudah tua, agar kelak dapat meneruskan perjuangan para petani di Kabupaten Bantul dan membentuk generasi muda yang kompeten di Bidang Pertanian. Adapun Desa di Kabupaten Bantul ditunjuk untuk membentuk Taruna Tani ada 5 Desa, salah satunya Desa Pleret.

Pengukuhan Pengurus Taruna Tani Tani Perwira yang terpilih menjadi Ketua adalah Iwan Alim Sunu Purwoko, SP dengan beranggotakan 25 orang.

Setalah dilakukan pengukuhan dilanjutkan dengan pemberian kelompok atau registrasi dari Dinas sehingga mempunyai Badan Hukum/ Notaris. Dalam pelaksanaan bimtek memparkan beberapa hal yaitu

  1. Memberikan motivasi pada Taruna Tani, paltihan manajemen, pembuatan AD-ART (Anggaran Dasar - Anggara Rumah Tangga) Taruna Tani
  2. Pemberian alat pertanian yang modern, seperti menanam dan memanen padi menggunakan mesin modern.

 

 

(cyber)