Maksimalkan Lahan Pekarangan untuk Menopang Ketahanan Pangan

06 Agustus 2018
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 251 Kali
Maksimalkan Lahan Pekarangan untuk Menopang Ketahanan Pangan

infoPleret- Senin (6/8) bertempat di Pendopo Kawasan Wisata Banyu Kencono. BKM Maju Makmur Desa Pleret bekerja sama dg Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY menyelenggarakan sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan. Hadir pada kesempatan ini, Ketua III TP PKK DIY Ir. Ashantini, MM, Anggota Komisi B DPRD DIY Drs. H. Aslam Ridlo, BPP Kecamatan, dan Carik Desa Pleret Iwan Alim S.P. Peserta: kurang lebih 30 orang yg terdiri dari anggota PKK baik desa maupun maupun tingkat Dusun.

Iwan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yg telah membantu hingga terlaksananya kegiatan ini. Juga memberikan apresiasi yg luar biasa utk BKM Pleret, yg sudah menjadi fasilitator dan mengkoordinasi kegiatan sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan. Di akhir sambutannya menyampaikan, agar masyrakat bisa berperan sebagai konsumen dan sekaligus produsen. Dengan semikian akan senada dg slogan "tanam yang kita makan, makan yg kita tanam.

Ir. Ashantini MM dalam paparannya menghimbau kepada masyarakat khususnya PKK utk mengoptimalkan fungsi pekarangan agar lebih berdaya guna. Ketua III TP PKK DIY ini juga menyatakan siap jika warga masyarakat membutuhkan pendampingan.

Aslam Ridlo, dalam sambutannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya kampanye pemanfaatan pekarangan ini utk mendapatkan hasil yg selama ini sebenarnya dibutuhkan dalam hidup sehari-hari, seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu juga bisa memanfaatkan barang2 bekas yang difungsikan sebagai pot utk menanam sayuran. (iw)