Berita

Waow, Risma Kanggotan melakukan Pemilihan Ketua secara E-voting

22 Juli 2019
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 121 Kali
Waow, Risma Kanggotan melakukan Pemilihan Ketua secara E-voting

infoPleret- Surat Undangan dengan Barcode dikumpulkan, satu persatu nama dipanggil untuk menyalurkan hak pilih, memilih satu kandidat ketua risma dan rismawati melalui tablet android pada bilik yang disediakan. Selanjutnya yang terakhir mencelupkan jari kedalam tinta.

Begitulah proses pemilihan Ketua Remaja Masjid At-Ta'Awun Pedukuhan Kanggotan, Desa Pleret, Kabupaten Bantul. Sabtu (20/7) di Balai Warga Kanggotan Lor.
Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua 2 DPRD DIY Nur Subiyantoro.S.I.Kom, Dukuh Kanggotan Wazir Nuri, Ketua RW.05 Suparman, tokoh masyarakat serta seluruh anggota Risma dan Rismawati Dusun Kanggotan Lor.
Pemilihan dengan sistem E-Voting ini adalah kali ke 2 setelah dulu dilaksanakan juga pasa pemilihan ketua Takmir Masjid. pemilu e-voting ini sudah menggunakan teknologi modern sehingga sangat mudah dan mengasikkan.
"Ini pemilihan yang dilakukan kedua kalinya memakai e-voting di wilayah pedukuhan kanggotan dan mungkin baru pertama kali memakai e-voting di wilayah Desa Pleret bahkan Kabupaten Bantul. Sebelumnya dengan sistem manual/dengan kertas, Kini dilakukan pemilihan secara elektronik dan yang melakukan pemilihan tersebut seluruh anggota Muda-mudi kanggotan Lor yang berjumlah 120 orang ditambah dari unsur tokoh masyarakat sekitar 40 orang," ujar Ketua Panitia Pemilihan yang juga menjabat sebagai salah satu dosen IT di Universitas Nahdlatul ulama (UNU) Yogyakarta Taufiq Kamal, S.Kom. M.Kom.

Pantauan tim SID Desa Pleret, tak hanya proses pemilihan yang mengikuti sistem pemilihan yang, anggota DPRD, wali kota, gubernur, dan presiden. tetapi lebih modern lagi dengan sistem e-voting. Setiap panitia pelaksana mulai dari pendaftar nama, penjaga bilik, sampai penjaga tinta mengenakan kartu tanda pengenal.

Pemilihan tersebut sangat didukung para tokoh masyarakat di kanggotan. Dukuh Kanggotan Wazir Nuri misalnya, ia mengatakan dengan pemilihan tersebut maka lebih bagus lagi karena bisa lebih demokratis dan lebih cepat dan praktis serta modern sesuai dengan tujuan pemerintah kabupaten Bantul menuju smart city dan dalam pemilihan ini berhasil memilih Sdr. Riza Ardian sebagai Ketua Risma dan Sdri. Ika Rahmawati sebagai ketua Ridmawati Periode 2019-2021. (rif)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image