Pembinaan Kamtibmas Masyarakat Desa Pleret

05 Februari 2020
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 221 Kali
Pembinaan Kamtibmas Masyarakat Desa Pleret

infoPleret- Pada tanggal 04 Februari 2020 Pemerintah Desa Pleret mengadakan pembinaan Kamtibmas, dalam sambutannya Ibu Evi Nur Siti Fatonah,S.Sos.MM Pj. Lurah Desa Pleret memperkenalkan diri kepada para hadirin bahwa beliau menjabat Lurah Desa sejak tanggal 22 Januari 2020, setelah ditinggalkan oleh Bapakl Nurman Afandi yang telah purna tugas. Beliau akan menjabat Lurah Desa Pleret sampai nanti dilantiknya Lurah terpilih pada pilihan Lurah tahun 2020 ini. Saat ini beliau menjabat sebagai Sekcam Kecamatan Pleret sekaligus Pj. Lurah Desa Pleret. Kemudian beliau menghaturkan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta yang hadir baik anggota Linmas, FKPM, dan PKK Desa Pleret. Dan juga kepada Bapak Camat, Bapak Danramil, Bapak Kapolsek atau yang mewakili beserta jajarannya. Dengan pertemuan ini diharapkan akan bisa meningkatkan pemahaman, wawasan, dan kemampuan para anggota Linmas, FKPM dan ibu-ibu PKK menjaga keamanan, ketertiban, dan ketentraman di Masyarakat.

Materi pertama diberikan oleh bapak Camat Pleret, beliau memperkenalkan diri terlebih dulu bahwa beliau menjabat Camat di Kecamatan pleret belum lama, untuk itu mohon dukungannya kepada Masyarakat pleret untuk melaksanakan tugas di Kecamatan Pleret. Beliau mengatakan bahwa tanpa dukungan Masyarakat kami tidak ada apa-apanya. Beliau menyampaikan tentang tupoksi Linmas dalam ranah menciptakan situasi dan kondisi Kamtibmas di Masyarakat yang aman dan terkendali.

Kemudian materi ke dua disampaikan oleh Bapak Kanit Binmas Polsek Pleret, Beliau menyampaikan tentang tugas POLRI yaitu
- Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.
- Menegakkan Hukum
- Memberikan perlindungan, Pengayoman dan pelayanan kepada Masyarakat.
Oleh karena itu POLRI siap membantu masyarakat dalam segala aspek kehidupan masyarakat agar tercipta rasa aman dan tentram. Maka apabila terjadi masalah apapun di masyarakat yang dapat menimbulkan rasa tidak aman, tidak tentram kehidupannya diminta segera melapor kepada Babin Kamtibmas maupun Babinsa. Mereka akan membantu unutuk mengurai permasalahannya dan mencarikan solusinya bersama Masyarakat.
Berkait dengan klitih yang sedang jadi sorotan berbagai kalangan akhir ini khususnya di Yogyakarta, di sampaikan bahwa klitih adalah kejahatan jalanan yang belakangan ini terjadi di DIY. Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam forum komunikasi relawan dan Ormas DIY mendatangi Polda DIY pada senin 03-02-2020 untuk menyampaikan dukungan agar Polisi lebih serius menangani Klitih ini.
Dalam kurun waktu satu pekan ini sudah ada beberapa kejadian kekerasan jalanan.
Oleh karena itu Linmas diminta ikut peduli terhadap perkembangan anak remaja, memperhatikan wilayah sekitar, bila terjadi kumpulan anak remaja yang menjurus negative kelakuannya segera laporkan Babin Kamtibmas atau Babinsa.

Selanjutnya materi ke tiga disampaikan dari Koramil Pleret, Menyampaikan bahwa akhir-akhir ini banyak dilakukan patroli oleh Aparat keamanan di berbagai wilayah dan setiap waktu. Sasarannya adalah anak-anak sekolah yang suka bergerombol baik pada saat jam-jam sekolah maupun diluar jam sekolah tujuannya adalah untuk menekan terjadinya kejahatan akoibat kenakalan remaja seperti klitih maupun perkelahian antar geng. Oleh karena itu mohon Bapak-bapak dan ibu-ibu yang mempunyai anak remaja/sekolah agar lebih memperhatikan kelakuan anak tersebut. Sebab sering terjadi anak yang baik perilakunya di rumah tapi diluar rumah menjadi anak yang nakal.

CM-011/dby