Pemanfaatan Sampah untuk Pot Tanaman

23 Juli 2020
Tita Suwening Apriani
Dibaca 492 Kali
Pemanfaatan Sampah untuk Pot Tanaman

infoPleret- Bumi kian tak lestari karena sampah plastik. Daratan, lautan, bahkan udara tercemari oleh partikel-partikel paling kecil yang belum rampung terurai. Tak main-main, partikel bernama mikroplastik itu juga dianggap dapat mengancam kesehatan manusia.

Daripada merugikan alam atau bahkan diri sendiri, ada baiknya jika kita mulai berpikir untuk memanfaatkan sampah botol plastik yang digunakan. Sampah botol plastik bisa menjadi apa saja. Beragam cara bisa dipilih untuk menggunakan kembali botol

Keberhasilan pengelolaan sampah telah banyak dilakukan oleh masyarakat. Beberapa di antaranya adalah sistem pengolahan sampah mandiri di Dusun Kanggotan, Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Kegiatan ini telah berjalan sejak tahun 2020 dan pengelolaan sampah oleh kelompok usaha masyarakat.

Salah satu kebijakan untuk mendukung pengelolaan sampah di Dusun Kanggotan yaitu dengan penerbitan Keputusan Lurah Pleret tentang Pembentukan Pengelolaan Sampah Mandiri. Dengan adanya kebijakan ini diharapkan setiap warga dapat melakukan pengelolaan sampah dengan baik. (iw)