Tradisi Wiwitan Hadir di Destinasi Wisata Mbulak Wilkel Pleret

01 November 2021
Rifqi Fatoni
Dibaca 360 Kali
Tradisi Wiwitan Hadir di Destinasi Wisata Mbulak Wilkel Pleret

Info Wisata Pleret - Ahad (31/10) kegiatan Tradisi Wiwitan Hadir di Destinasi Wisata Mbulak Wilkel Pleret. Anda pernah ke Mbulak Wilkel, tentunya Anda tahu pesona salah satu wisata di Pleret ini dengan hamparan persawahan yang membentang. Dipercantik dengan pemandangan gunung di sebelah tmur yang merupakan Makam Ratu Malang. Salah satu destinasi wisata di Pleret ini tak pernah sepi pengunjung karena tempatnya yang strategis dan jajanannya dengan harga merakyat, tentu tidak akan membuat kapok pengunjung wisatawan.

Namun kali ini, tepat di penghujung bulan tepatnya Minggu 31 Oktober 2021 ada yang berbeda dengan pesona Mbulak Wilkel. Ada sebuah tradisi dihadirkan untuk dinikmati para pengunjung dan masyarakat sekitar, yaitu tradisi Wiwitan.

Menurut Slamet Raharjo, selaku ketua pengelola Mbulak Wilkel, sebagian besar warga masyarakat Tambalan Gerjen berpencaharian sebagai petani. Oleh sebab itu, untuk mensyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa, tradisi wiwitan ini dihadirkan Kembali di tengah hiruk pikuknya kemodernisasian. Tradisi wiwitan ini sebagai tanda dimulainya masa sebelum panen. Tahun ini merupakan keberkahan tersendiri karena hasil panen dirasa memuaskan, sehingga sebagai wujud syukur mereka melakukan sedekah dengan cara membagikan sego wiwit ke masyarakat.

Dalam acara tradisi wiwitan ini turut hadir Bapak Taufiq Kamal S.Kom, M.Cs selaku Lurah Pleret, pengurus POKDARWIS Pleret dan pengurus Rintisan Budaya. Bapak Lurah Pleret sendiri cukup bangga dengan tradisi yang dihadirkan Kembali oleh warga Tambalan Gerjen. Rasa terima kasih diucapkan karena hal ini salah satu bentuk mendukung program kalurahan Pleret yang ingin menjaga adat budaya di Pleret.

Acara tradisi wiwitan ini juga dimeriahkan dengan aneka permainan tradisional anak. Masyarakat dan pengunjung nampak bersemangat mengikuti permainan tradisional anak. Sebuah adat istiadat tentunya harus dijaga kelestariannya supaya tidak punah. Menghadirkan tradisi di lokasi destinasi wisata merupakan hal yang kreatif dan inovatif. Tentunya pengunjung akan disajikan menu berbeda dari yang lain ketika tradisi-tradisi mampu dihadirkan di sektor kepariwisataan.

Kita tunggu saja, atraksi unik apa lagi yang mampu dihadirkan di sektor pariwisata Pleret, sehingga membuat pengunjung atau wisatawan selalu merindu untuk kembali.

 

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Tradisi Wiwitan Hadir di Destinasi Wisata Mbulak Wilkel Pleret", Klik untuk baca:

Facebook Tsalis Nur Sholikhah

 

Kreator: Tsalis Nur Sholikhah