Rabas-rabas, Upaya Pengurangan Resiko Bencana Pohon Tumbang

24 Maret 2021
Demo
Dibaca 244 Kali
Rabas-rabas, Upaya Pengurangan Resiko Bencana Pohon Tumbang

infoPleret- Dalam rangka pengurangan resiko bencana, khususnya bahaya pohon tumbang di wilayah Pleret, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kalurahan Pleret bersama Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul melaksanakan giat rabas-rabas di sekitar Pasar Pleret, Rabu (24/03).

Titik fokus giat rabas-rabas berada di Jalan Raya Pleret, tepatnya sebelah utara Rumah Sakit Permata Husada. Terdapat beberapa pohon besar yang cabang dan rantingnya membahayakan jaringan listrik dan beberapa rumah di sekitarnya.

Tidak jarang kita melihat petugas DPU melakukan pemotongan pohon di lokasi – lokasi tertentu, lalu apa hubungannya petugas DPU dengan pemotongan pohon? Pemotongan pohon atau sering disebut dengan rabas pohon merupakan kegiatan perampingan/pemangkasan pohon yang dilakukan ketika radius antara jaringan listrik dengan pepohonan kurang dari 3 meter agar tidak mengenai jaringan listrik. Rabas pohon ini  dilaksanakan untuk menjaga keandalan pasokan listrik.

“Pohon yang mengenai jaringan listrik merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan yang mengakibatkan listrik padam, oleh karena itu, pelaksanaan inspeksi jaringan & rabas pohon secara rutin bisa meminimalisir terjadinya gangguan listrik dan mengurangi resiko bahaya pohon tumbang ketika terjadi hujan dan angin kencang", jelas Irfani Andi H, Korlap Elite Rescue yang ikut terlibat dalam kegiatan ini. (Orisya)