Adat dan Tradisi

NYADRAN

01 Mei 2021
Administrator
Dibaca 183 Kali
NYADRAN

TUJUAN

Nyadran berasal dari bahasa Sanskerta, sraddha yang mempunyai arti keyakinan. Di Kalurahan Pleret, Nyadran adalah serangkaian upacara yang dilakukan oleh masyarakat untuk mendoakan kepada leluhur yang telah meninggal. Nyadran juga bisa ditujukan untuk menyambut bulan Ramadhan dan digunakan sebagai sarana pembersihan diri.

LEMBAGA PELAKSANA

Rangkaian Upacara Nyadran yang dilaksanakan di Kalurahan Pleret dilaksanakan oleh tokoh masyarakat dan warga masyarakat di masing-masing padukuhan.

Sebagai contoh Nyadranan yang dilaksanakan di kampung Tambalan & Gerjen dilaksanakan oleh Paguyuban Warga “Jumat Pahing”. Paguyuban ini terdiri dari 3 kampung yaitu Tambalan Wetan, Tambalan Kulon di Padukuhan Trayeman, dan Gerjen di Padukuhan Kauman.

SARANA DAN PRASARANA

Pelaksanaan Nyadranan biasanya diawali dengan kegiatan besik atau bersih makam oleh masyarakat, yaitu membersihkan makam dari rerumputan dan kotoran. Warga membawa cangkul, sabit dan peralatan lain. Kemudian dilanjutkan dengan ziarah kubur untuk mendoakan para leluhur. Pada acara ini peziarah membawa bunga untuk ditaburkan ke makam. Di rangkaian akhir dilakukan kegiatan kenduri bersama oleh warga masyarakat. Warga membawa sendiri makanan yang disebut ambengan. Kenduri ini menggunakan tempat di makam atau Masjid.

WAKTU PELAKSANAAN

Rangkaian upacara Nyadranan dilaksanakan satu tahun sekali, yaitu hari ke 10 (sepuluh) di bulan Rajab. Di setiap padukuhan bisa terjadi waktunya berbeda beda tergantung dari kesepakatan warga masyarakat di padukuhan tersebut.

SUMBER PENDANAAN

Sumber pendanaan untuk tradisi rangkaian Nyadranan berasal dari swadaya masyarakat. 

LOKASI KEGIATAN

  1. Padukuhan Kerto
  2. Padukuhan Kanggotan
  3. Padukuhan Karet
  4. Padukuhan Pungkuran
  5. Padukuhan Bedukan
  6. Padukuhan Trayeman
  7. Padukuhan Kauman
  8. Padukuhan Gunungan
  9. Padukuhan Gunungkelir
  10. Padukuhan Kedaton
  11. Padukuhan Keputren

Video Dokumentasi

 

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image