Potong Ingkung Wilujengan Pembangunan Gerbang Pleret dengan Arsitektur Gaya Yogyakarta

09 Agustus 2021
Rifqi Fatoni
Dibaca 368 Kali
Potong Ingkung Wilujengan Pembangunan Gerbang Pleret dengan Arsitektur Gaya Yogyakarta

Info Pleret - Senin 9 Agustus 2021, Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Sejarah, Bahasa, Sastra dan Permuseuman Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta Bapak Tri Agus Nugroho memotong ingkung saat wilujengan Pembangunan Gerbang Pleret dengan Arsitektur Gaya Yogyakarta. Kegiatan pembangunan ini dibiayai dari Dana Keistimewaan (Dais) melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Proses pembangunan dapat dilaksanakan setelah mendapatkan surat Rekomendasi alih fungsi tanah kas Kalurahan dari Panitrapura Karaton Ngayogyakarto Hadiningrat dan ditindaklanjuti dengan pengiriman uba rampe wilujengan yang dikirimkan oleh Bapak Sarono (Kanjeng Kintoko) dari panitrapura Karaton Ngayogyakarta yang diserahkan langsung kepada Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs.

Acara wilujengan ditandai dengan pemotongan tumpeng dan ingkung oleh Kabid. Pemeliharaan dan Pengembangan Sejarah, Bahasa, Sastra dan Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY yang diserahkan kepada Lurah Pleret dan selanjutnya diteruskan kepada ketua Tim Pelaksana Kegiatan Bapak Anton Budi Hartono. setelah acara simbolis tersebut dilanjutkan Do'a Bersama yang dipimpin oleh Ustadz Salim Nur Ahmad yang merupakan kaum Rois dari Padukuhan Kerto Kalurahan Pleret dan diikuti oleh seluruh Pamong dan Bamuskal Kalurahan Pleret.

Tahapan pencairan Dais ini akan dilaksanakan dalam 2 tahap, untuk Tahap Pertama sudah dicairkan sebesar 500 juta rupiah dan untuk tahap kedua akan dicairkan sebesar 1 Milyar rupiah yang direncanakan pada bulan September 2021 sehingga Total kegiatan pembangunan Gerbang Pleret ini akan menghabiskan total dana 1,5 milyar rupiah.

 

/Rief