Sosialisasi Perda DIY Nomor 2 Tahun 2021 di Gerbang Pleret

28 Oktober 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 456 Kali
Sosialisasi Perda DIY Nomor 2 Tahun 2021 di Gerbang Pleret

InfoPleret - Jum'at (28/10/2022) telah dilaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah D.I.Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2021 tentang Pemeliharaan dan Pengembangan Bahasa, Sastra dan Aksara Jawa di Gerbang Pleret Kalurahan Pleret yang di Prakarsai oleh Kundha Kabudayan Provinsi DIY bersama DPRD Provinsi DIY.

Hadir dalam sosialisasi ini Anggota Dewan DPRD Provinsi D.I.Yogyakarta Bpk. Umarudin Masdar, S.Ag, Lurah Pleret Bpk. Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., Kamituwa, Dukuh, Perwakilan Pengurus Rintisan Desa Budaya, Perwakilan Desa Wisata serta para Penggiat Kampung Aksara di Kalurahan Pleret.

Bahasa, Sastra dan Aksara Jawa memang perlu dilestarikan di zaman era modern saat ini, selain itu Kalurahan Pleret merupakan wilayah yang mempunyai sisi historis yang sangat luar biasa dengan adanya beberapa situs peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang pastinya kental akan sisi budayanya. Dengan terus berkembangnya pleret sebagai daerah tujuan wisata maka keberadaan bahasa, sastra dan aksara jawa tentunya akan menunjang percepatan pembangunan wisata dikalurahan pleret.

Sebagian masyarakat masih menganggap bahasa, sastra dan aksara Jawa sebagai pelengkap budaya dan belum tampak ada rasa untuk memiliki, bahkan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa, sastra, dan aksara Jawa sejauh ini masih dikenal secara terbatas oleh kalangan tertentu. Penting diketahui masyarakat luas bahwa bahasa, sastra, dan aksara Jawa merupakan warisan budaya. Oleh sebab itu, ini menjadi hal yang penting diketahui dan dikuasai oleh masyarakat Jawa.

Secara umum, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mendorong masyarakat dalam penggunaan bahasa, sastra, dan aksara Jawa dalam berkomunikasi, baik dalam bidang sosial, ekonomi, maupun budaya. Selain itu, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan penggunaan bahasa, sastra, dan aksara Jawa bagi seluruh elemen masyarakat di lintas generasi.

#pleretrintisandesabudaya

#desadigitalpleret