Majlis Semaan Al Qur'an Dalam Rangka Haul Simbah Kyai Joned ke-58

18 Februari 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 194 Kali
Majlis Semaan Al Qur'an Dalam Rangka Haul Simbah Kyai Joned ke-58

InfoPleret - Jum'at 18 Februari 2023 bertempat di Musholla Al Joned Kanggotan RT.04 telah dilaksanakan Semaan Al Qur'an dalam rangka haul simbah K. Joned Ke-58. Acara ini dihadiri oleh Ketua Takmir Masjid At Ta'Awun K.M. Zuban, S.HI., tokoh agama dan tokoh masyarakat Kanggotan ada K.M. Dain Joned, K. Djamal, S.Pd.I, K. Habibullah, K. Ahmadun Ahmad, K. Hafidzullah serta segenap warga masyarakat pleret dan sekitarnya.

Majlis semaan ini dilaksanakan dengan membawa Al Qur'an sampai khatam 30 juz yang dibacakan bergantian oleh para khuffadz yang ada di Kanggotan serta khufadz dari trah Alm. K. Joned. Setelah khatam nanti dilanjutkan dengan ziarah kubur bersama seluruh warga kanggotan, dan ditutup dengan pengajian akbar di halaman Masjid At Ta'Awun yang dibarengi dengan acara Peringatan Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW.

K. Joned adalah tokoh masyarakat dan tokoh agama dimasa lalu yang disebut juga sebagai Waliyullah oleh beberapa tokoh agama di wilayah pleret. K. Joned adalah sosok yang mengajarkan ilmu agama (islam) di wilayah kanggotan dan sekitarnya, beliau meninggal 58 tahun yang lalu dan di makamkan di komplek makam kanggotan lor yang sampai saat ini sering di datangi oleh para peziarah, terutama setiap malam Jum'at.

Pengertian Haul sebenarnya diserap dari bahasa Arab al-haul yang berarti tahun. Dalam bab zakat sebagaimana kita jumpai dalam literatur-literatur fiqih, haul menjadi syarat wajibnya zakat hewan ternak, emas, perak, serta harta dagangan. Artinya, kekayaan tersebut baru wajib dikeluarkan zakatnya bila telah berumur satu tahun. Dari hal itu tampak adanya kesesuaian antara makna lughawi haul dengan acara ‘haul’ dimaksud. Sebab, dalam kenyataannya acara haul dilakukan satu tahun sekali, pada hari kematian /wafatnya orang yang di hauli.

peringatan haul K. Joned tidak lepas dari tiga hal. Pertama, Semaaan Al Qur'an dirangkai tahlil dan doa kepada Almarhum. Kedua, pengajian umum yang kadang dirangkai dengan pembacaan secara singkat sejarah Almarhum, yang mencakup nasab, tanggal lahir atau wafat, jasa-jasa, serta keistimewaan yang kiranya patut diteladani.

Ketiga, adalah sedekah, baik diberikan kepada orang-orang yang berpartisipasi pada dua acara tersebut maupun warga masyarakat sekitar.

Acara haul Simbah K.Joned menjadi salah satu kekayaan adat tradisi di wilayah kalurahan pleret yang dilestarikan setiap tahun oleh keluarga almarhum dan didukung sepenuhnya oleh warga masyarakat kanggotan lor.

Link YouTube Tahlil Akbar Haul Simbah Kyai Joned :

Rangkaian Tahlil Haul K.Joned ke-58