Lurah Pleret Berikan Materi Peningkatan Kapasitas RT Desa Dagen Kec. Jaten Kab. Karanganyar

26 November 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 184 Kali
Lurah Pleret Berikan Materi Peningkatan Kapasitas RT Desa Dagen Kec. Jaten Kab. Karanganyar

InfoPleret - Sabtu, 26 November 2022 bertempat di Pendopo Kalurahan Pleret, Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. menerima tamu Kunjungan Kerja/Studi tiru tentang Digitalisasi pelayanan publik dan inovasi reformasi birokrasi pemerintahan kalurahan dalam rangka Peningkatan Kapasitas RT dan RW se Desa Dagen Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. 

Rombongan peserta dari Desa Dagen Kecamatan Jaten yang berjumlah 57 orang tiba di kalurahan Pleret pada pukul 09.30 WIB langsung melihat kondisi pameran UMKM di Gerbang Pleret yang rencana akan dikembangkan sebagai pusat informasi wisata di kalurahan pleret. Rombongan dipimpin langsung oleh Lurah Dagen Bapak Andi Susilo Purnomo, SH yang didampingi oleh Carik, dan peserta terdiri dari unsur Perangkat Desa, RW dan RT.

Lurah pleret menyampaikan berbagai macam inovasi yang diterapkan di pemerintahan kalurahan pleret diantaranya tentang inovasi layanan dengan tanda tangan elektronik (TTE), inovasi presensi perangkat desa, persuratan dan disposisi online serta berbagai macam inovasi basis data (database) yang terintegrasi dan pendataan online dengan barcode yang ada di setiap rumah warga.

Bapak Taufiq Kamal juga menyampaikan cara penggalian potensi yang ada di desa serta bermacam strategi tentang peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Semuanya di integrasikan dengan digitalisasi yang diharapkan bisa lebih mudah dan membantu dalam mempercepat proses perkembangan kemajuan desa.

Dalam kesempatan ini lurah pleret berharap bila ada inovasi yang bermanfaat bisa diduplikasi dan diterapkan di kalurahan-kalurahan lain, karena dengan adanya digitalisasi sistem pemerintahan akan sangat membantu kinerja pamong kalurahan serta dapat mewujudkan transparansi kegiatan dan keuangan pemerintah kalurahan kepada masyarakat luas.

Desa digital bukanlah tujuan utama, tapi merupakan tools untuk mempercepat proses kemajuan suatu desa. Semua tidak lepas dari Sumber Daya Manusia serta kesungguhan lurah beserta pamong dan masyarakatnya untuk berkomitmen memajukan desa bersama-sama.