Berita

Sosialisasi Pelaksanaan Program DAK Sanitasi Tahun 2022 Kalurahan Pleret

18 Maret 2022
Eko Sapto
Dibaca 119 Kali
Sosialisasi Pelaksanaan Program DAK Sanitasi Tahun 2022 Kalurahan Pleret

InfoPleret - Jum'at, 18 Maret 2022 bertempat di pendopo Kalurahan Pleret dilakukan sosialisasi pelaksanaan program DAK sanitasi untuk warga masyarakat dusun Kanoman Padukuhan Pungkuran Kalurahan Pleret Kapanewon Pleret.

Hadir dalam acara ini dari DPUPKP Kabupaten Bantul, Kabid. Cipta Karya DPUPKP, Panewu Pleret, Sanitarian Puskesmas, Lurah, Ulu-ulu, Dukuh Pungkuran dan Tokoh Masyarakat Padukuhan Kanoman.

Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua peserta sosialisasi dan berharap semoga dengan adanya program DAK Sanitasi yang jatuh di Kalurahan Pleret dapat membawa dampak positif bagi warga masyarakat terutama dalam bidang kesehatan lingkungan.

DAK Sanitasi ini nantinya akan diwujudkan dengan Pembangunan IPAL Komunal. Yaitu berupa Pengolahan Air Limbah sebagai sarana untuk mengolah limbah cair (limbah dari WC, dari air cuci/kamar mandi). Atau sering disebut di masyarakat sebagai Septic tank komunal.

Komponen IPAL Komunal terdiri dari unit pengolah limbah, jaringan perpipaan (bak kontrol & lubang perawatan) dan sambungan rumah tangga. Unit pengolah limbah ada yang terletak jauh dari lokasi warga pengguna IPAL Komunal ada juga yang berlokasi di lokasi pemukiman warga. Dengan adanya pembangunan septic tank komunal dan rehab MCK inilah, pembuangan limbah dari WC warga sekitar sudah tidak lagi langsung masuk ke sungai akan tetapi masuk ke dalam septic tank komunal tersebut.

 

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image