Berita

Sosialisasi Inovasi Updating Data Kependudukan Kepada Ketua RT se-Kalurahan Pleret

23 April 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 57 Kali
Sosialisasi Inovasi Updating Data Kependudukan Kepada Ketua RT se-Kalurahan Pleret

InfoPleret - Jum'at (22/04) bertempat di ruang pertemuan kantor Kalurahan Pleret dilaksanakan Sosialisasi Inovasi Updating Data Kependudukan melalui aplikasi dan penempelan stiker barcode di setiap Rumah dan KK di seluruh wilayah kalurahan pleret.

Hadir dalam kegiatan ini Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. selaku narasumber, Jagabaya Bapak Prapta Hadi Susila selaku pelaksana kegiatan serta 79 ketua RT seluruh Kalurahan Pleret yang dibagi dalam 3 gelombang.

Selain sosialisasi acara ini juga dalam rangka pemberian honor updating data kependudukan kepada ketua RT sebesar 500 ribu dan pemberian stiker untuk ditempelkan di setiap KK dan Rumah semua warga yang ada di Kalurahan Pleret.

Diharapkan dengan adanya stiker KK dengan barcode ini nantinya akan memperlancar dan mempermudah bagi ketua RT untuk melakukan updating data kependudukan warganya karena nantinya akan dibuatkan aplikasi untuk pendataan yang langsung tersambung dengan database kependudukan yang dimiliki oleh pemerintah kalurahan pleret.

Nantinya proses pendataan tidak perlu lagi mengisi data umum atau data dasar kependudukan karena otomatis sudah tersambung datanya dengan data yang ada di database kalurahan. Proses pendataan tinggal melakukan scan barcode yang ada di stiker dan memilih data apa yang akan di update (misalnya data kelahiran, kematian, Geotagging, data hamil dengan resiko tinggi, data anak berkebutuhan khusus, dan lain sebagainya) yang semuanya akan disediakan di aplikasi khusus pendataan bagi penduduk Kalurahan Pleret.

Diharapkan dengan adanya inovasi pendataan warga dengan sistem barcode yang ngelink dengan database ini akan bisa mewujudkan Kalurahan Pleret sebagai Desa Digital dan menjadi smart village sebagai penunjang program smart city yang digaungkan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image