Berita

FGD Teknologi Informasi dan Komunikasi di Gerbang Pleret

26 Agustus 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 53 Kali
FGD Teknologi Informasi dan Komunikasi di Gerbang Pleret

infoPleret - Kamis (25/08) Biro Tata Pemerintahan Setda DIY menyelenggarakan Forum Group Discussion kajian Monitoring Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penyelenggaraan Kalurahan di Ruang Audio Visual Gerbang Pleret kompleks Kantor Kalurahan Pleret Kabupaten Bantul.

Acara ini menghadirkan narasumber Lurah millenial Bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. yang telah berhasil mengantarkan kalurahan pleret menjadi juara 1 lomba kalurahan tingkat Provinsi DIY. Selain itu peserta FGD juga dihadiri oleh beberapa perwakilan Kalurahan dari 4 Kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Narasumber pertama dari Lurah Pleret Bapak Taufiq Kamal menyampaikan tentang inovasi di bidang birokrasi pemerintahan kalurahan yang meliputi layanan mandiri, presensi pamong, dan digitalisasi pelayanan publik serta digitalisasi sistem pemerintahan yang menyatu di dalam satu website pleret.id. Hal ini sangat efektif karena pemerintah kalurahan tidak lagi memerlukan banyak aplikasi untuk menunjang kinerja aparat dan kualitas pelayanannya kepada masyarakat.

Lurah Pleret juga menjelaskan secara detail pembangunan aplikasi/sistem informasi berbasis website kalurahan, manfaat inovasi TIK di website kalurahan serta berbagai macam manfaat yang didapat dengan mengusung desa digital sebagai penunjang kinerja pamong, penunjang dalam percepatan pembangunan kalurahan serta percepatan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat kalurahan.

Diharapkan dengan diadakan FGD ini dapat memacu semangat kalurahan-kalurahan yang ada di DIY untuk bisa terus mengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ada di wilayahnya masing-masing dengan terus meningkatkan kualitas website resminya. Kalurahan Pleret bisa menjadi salah satu alternatif contoh untuk pengembangan Kalurahan Digital karena sudah banyak sekali inovasi yang berhasil dijalankan di dalam website resminya.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image