Berita

Test Tour Paket Wisata "Sobo Ndeso" Jelajah Mataram Pleret

17 Januari 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 78 Kali
Test Tour Paket Wisata

InfoPleret - Minggu, 15 Januari 2023 Kegiatan Test Tour Paket Wisata "Sobo Deso" bertajuk Jelajah Mataram sukses digelar oleh Pokdarwis dan Desa Wisata Pleret bekerjasama dengan Ada Waktu Homestay. Kegiatan ini melibatkan berbagai unsur lembaga Internal Desa Pleret dan masyarakat diantaranya Desapreneur atau UMKM, destinasi wisata dan FPRB. Acara Jelajah Mataram ini diikuti lebih dari 100 peserta dari unsur pecinta wisata yang didatangkan langsung oleh "Ada Waktu" Homestay.

Peserta test tour Sobo Deso diajak keliling situs menggunakan kereta kelinci dan dipandu oleh pemandu Desa Wisata Pleret. Rute yang pertama mengunjungi Situs Kerto, kemudian di Agro Wisata KWT Kedaton, dilanjutkan ke Taman Benteng Mataram untuk menyaksikan situs Benteng dan kesenian tari, kemudian berlanjut ke situs Ratu Malang, dan puncak acara di Mbulak Wilkel menyaksikan Tradisi Wiwitan. Selesai menikmati acara Wiwitan tour berlanjut ke Situs Masjid Kauman, Kampung AKsara Keputren, kemudian terakhir di Gerbang Pleret sekaligus penutupan acara yang dimeriahkan dengan bernyanyi dan berjoged bersama.

Kegiatan Test Tour Desa Wisata bertajuk Jelajah Mataram berlangsung aman dan mengesankan. Beberapa peserta diminta memberikan kesan dan pesan. Perwakilan dari Pecinta Objek Wisata Yogyakarta (POWY) mengungkapkan rasa puas dan senang atas Test Tour ini. Mereka cukup menikmati karena wisata ini tidak hanya untuk bersenang-senang tapi ada hal yang bisa dipelajarai yaitu sejarah situs dan budaya Pleret. Bahkan mereka berharap tour wisata sejarah seperti ini akan terus diadakan.

Suksesnya kegiatan ini diharapkan akan menjadi cambuk khususnya Desa Wisata Bumi Mataram Pleret untuk bisa mengembangkan paket wisata sehingga dapat dinikmati masyarakat yang lebih luas yang ingin belajar sejarah. Rencananya Desa wisata Pleret akan terus bekerjasama dengan Ada Waktu Homestay untuk mengembangkan pariwisata Pleret. Hal ini tentu akan mendorong pergerakan perekonomian masyarakat yang sesuai dengan visi misi Desa.

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Bekerja Sama dengan "Ada Waktu" Homestay, Desa Wisata Pleret Selenggarakan Test Tour"

Kreator: Tsalis Nur Sholikhah

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image