Berita

Kamituwa dan Dukuh Kauman Hadiri MMD Mahasiswa Stikes Surya Global di Musholla Al Ikhlas Gerjen

24 Januari 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 61 Kali
Kamituwa dan Dukuh Kauman Hadiri MMD Mahasiswa Stikes Surya Global di Musholla Al Ikhlas Gerjen

InfoPleret - Mahasiswa STIKES Surya Global Yogyakarta dalam rangka melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat berupa kegiatan KKL (kuliah kerja lapangan) melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang dilaksanakan pada Hari senin 23 Januari 2023 pukul 20.00 s/d 22.00 WIB bertempat di Mushola Al- Iklash kampung Gerjen, Kauman.

Dalam sambutan Bapak Anang Jatmiko selaku Kamituwa sekaligus mewakili dari Pemerintah Kalurahan Pleret menyampaikan bahwa para mahasiswa dalam pelaksanaan KKL diharapkan bisa membaur dengan masyarakat sehingga dapat menggali informasi yang dibutuhkan.

Hadir juga dalam acara ini Dukuh Kauman bapak Murdianto, Kepala Puskesmas Pleret dan dari pihak Stikes Surya Global (Kaprodi) serta tokoh masyarakat dan warga dusun Gerjen, Kauman, Pleret.

Dalam MMD ini mahasiswa Surya Global memparkan hasil survei yang sudah dilakukan yaitu bahwa penduduk Kampung gerjen didominasi tingkat pendidikannya lulusan SD dan pekerjaannya sebagian besar adalah buruh lepas serta jumlah penduduknya dari jenis kelamin didominasi laki-laki, selain itu dari hasil survei yang didapat bahwa penduduk gerjen kebanyakan menderita Hipertensi.

Musyawarah Masyarakat Desa  juga menghasilkan beberapa kesimpulan diantaranya:

1. Masyarakat menghendaki kedepannya jika ada KKL lagi mahasiswa bisa menghadirkan Psikiater sehingga masyarakat bisa berkonsultasi agar bisa meminit permasalahan yang berdampak pada kesehatan (hipertensi);

2. Masyarakat berharap jika ada KKL lagi juga bisa menyampaikan program Penyuluhan Reproduksi manusia yang nantinya bisa dijelaskan kepada pemuda-pemudi, terkait resiko dari pergaulan bebas dan resika pernikahan dini yang tentunya akan berujung pada tingkat kesejahteraan keluarga.

Dari beberapa pendapat masyarakat Gerjen diatas para mahasiswa dan dosen pembimbing menampungnya dan akan didiskusikan jika masih ada waktu akan dilaksanakan, tetapi jika tidak ada akan dilaksanakan pada kegiatan KKL yang berikutnya.

Sumber : Slamet Raharjo (Tokoh Masyarakat Gerjen)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image