Menggali Potensi Desa melalui Bimtek Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel)

31 Oktober 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 102 Kali
Menggali Potensi Desa melalui Bimtek Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel)

InfoPleret - Selasa, 31 Oktober 2023 - Pemerintah Kalurahan Pleret mendapatkan Kunjungan dari Sekretaris Desa se Kabupaten Kutai Timur berkaitan dengan Bimtek Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel). Kunjungan ini merupakan salah satu langkah penting dalam rangka memajukan pemerintahan desa melalui pemutakhiran data pemerintahan desa. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan aparatur desa dalam mengelola dan memanfaatkan data profil desa dan kelurahan untuk pengembangan wilayahnya.

Bimtek Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel) adalah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya data profil desa dan kelurahan sebagai dasar perencanaan dan pengembangan wilayah. Profil desa dan kelurahan adalah dokumen penting yang mencakup data demografi, infrastruktur, potensi ekonomi, dan lainnya yang dapat digunakan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program dan kebijakan di tingkat desa.

Kegiatan ini menjadi semakin penting mengingat peran desa dalam mengelola sumber daya dan memajukan kualitas hidup masyarakat. Desa adalah unit pemerintahan yang berada paling dekat dengan masyarakat, dan oleh karena itu, pengelolaan yang baik dan efisien sangat krusial untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Nara Sumber dalam acara ini adalah Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., yang memiliki pengalaman dan pengetahuan mendalam tentang pengelolaan data profil desa dan kelurahan. Beliau berbagi wawasan dan pengalaman dalam menyusun, mengelola, dan memanfaatkan data profil desa dan kelurahan secara efektif. Peserta bimtek, yang terdiri dari Sekretaris Desa se Kabupaten Kutai Timur, dapat mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung dengan nara sumber untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Kehadiran jajaran Dinas PMD Kabupaten Kutai Timur juga sangat penting dalam acara ini. Mereka turut mendampingi Sekretaris Desa dan memiliki peran strategis dalam mendukung pengelolaan data profil desa dan kelurahan di tingkat kabupaten. Kolaborasi antara tingkat desa dan kabupaten sangat penting untuk memastikan bahwa data profil desa dan kelurahan digunakan dengan optimal dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan.

Sekretaris Desa se Kabupaten Kutai Timur yang hadir dalam kunjungan ini memiliki tanggung jawab besar dalam pengelolaan data profil desa dan kelurahan di wilayah mereka masing-masing. Dengan pemahaman yang diperoleh dari acara bimtek ini, diharapkan mereka dapat menjadi agen perubahan yang mampu memaksimalkan potensi desa dan kelurahan untuk kesejahteraan masyarakat.

Penggunaan data profil desa dan kelurahan tidak hanya bermanfaat dalam perencanaan pembangunan, tetapi juga dalam memonitoring dan evaluasi program yang telah dijalankan. Data yang akurat dan terkini akan membantu dalam mengevaluasi dampak program-program yang telah dilaksanakan sehingga perbaikan dan penyesuaian dapat dilakukan jika diperlukan.

Kunjungan ini menjadi salah satu langkah positif dalam memajukan tata kelola pemerintahan desa di Kabupaten Kutai Timur. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pengelolaan data profil desa dan kelurahan, diharapkan desa-desa di Kabupaten Kutai Timur dapat semakin efisien dalam mengelola sumber daya dan mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Kolaborasi antara tingkat desa dan kabupaten juga akan menjadi kunci keberhasilan dalam upaya ini.