Gotong Royong Pemasangan Paving Block di Makam Kyai Joned

26 November 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 55 Kali
Gotong Royong Pemasangan Paving Block di Makam Kyai Joned

InfoPleret - Minggu pagi (26/11), Warga Kanggotan Lor bersatu dalam semangat gotong royong untuk melaksanakan pemasangan paving block di makam Kyai Joned. Kegiatan ini diselenggarakan dengan kehadiran Ketua RW.05, Bapak Suparman, para Ketua RT, dan masyarakat Kanggotan.

Dalam upaya menjaga dan merawat warisan budaya serta sejarah lokal, masyarakat Kanggotan Lor menggelar kegiatan gotong royong. Pemasangan paving block di makam Kyai Joned, seorang tokoh agama lokal yang memiliki tempat istimewa dalam sejarah penyebaran Agama islam daerah ini, menjadi fokus utama dalam kegiatan ini.

Ketua RW.05, Bapak Suparman, memimpin acara dengan penuh semangat. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab bersama untuk menjaga kebersihan dan keindahan makam Kyai Joned. "Dengan gotong royong seperti ini, kita dapat merawat warisan leluhur dan meningkatkan kualitas lingkungan sekitar," ujar Bapak Suparman.

Para Ketua RT juga turut serta aktif dalam kegiatan ini, menggerakkan masyarakat di setiap RT untuk berpartisipasi. Mereka bersama-sama membentuk tim yang terorganisir untuk memastikan proses pemasangan paving block berjalan lancar dan efisien.

Spirit swadaya terlihat jelas dalam kegiatan ini, di mana masyarakat Kanggotan Lor secara sukarela menyumbangkan waktu, tenaga, dan sumber daya untuk kepentingan bersama. Mereka bahu-membahu membersihkan area makam, menyiapkan bahan-bahan, dan melibatkan diri secara aktif dalam setiap tahap proses pemasangan paving block dan juga bangunan pendopo makam.

Kyai Joned, sebagai tokoh agama lokal, dihormati dan dianggap sebagai bagian tak terpisahkan dari sejarah dan identitas Kanggotan Lor. Rehabilitasi makamnya bukan hanya sebagai wujud perawatan fisik, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasanya dalam membangun spiritualitas masyarakat.

Melalui kegiatan gotong royong ini, Warga Kanggotan Lor tidak hanya memperindah makam Kyai Joned tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan dan kepedulian di antara mereka. Semangat gotong royong menjadi pilar utama dalam membangun komunitas yang kuat dan berdaya tahan.

Pemasangan paving block di makam Kyai Joned bukan sekadar proyek fisik, melainkan manifestasi nyata dari nilai-nilai kebersamaan dan kecintaan terhadap warisan budaya lokal. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi komunitas lain untuk turut serta aktif dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya lokal mereka.