Dishub DIY Adakan Kampanye Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kalurahan Pleret

16 Mei 2023
Yuono Purwanto
Dibaca 421 Kali
Dishub DIY Adakan Kampanye Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kalurahan Pleret

InfoPleret - Selasa 16 Mei 2023 Dinas Perhubungan Propinsi DIY mengadakan acara "Kampanye Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan" di Kalurahan Pleret. Acara ini merupakan kerjasama antara Dinas Perhubungan Propinsi DIY dan Komisi C DPRD DIY. Hadir dalam kampanye keselamatan ini Sekretaris Komisi C DPRD DIY Bapak Amir Syarifudin, Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dishub DIY Bapak Sumartoyo, SE., M.Si., Lurah Pleret beserta Pamong, Bamuskal, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan (LPMKal, TP PKK, Karang Taruna dan FPRB).

Sekretaris Komisi C DPRD DIY Bapak Amir Syarifudin menyampaikan bahwa Wialayah Kabupaten Bantul dipilih sebagai lokasi kampanye keselamatan lalu lintas karena angka kecelakaan lalu lintas yang tinggi. Diharapkan dengan kampanye ini masyarakat terutama generasi muda akan aman dari kecelakaan lalu lintas.

Kabid Pengendalian Operasional Dishub DIY Bapak Sumartoyo, SE., M.Si. dalam paparannya menyampaikan Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Beliau mengajak kepada peserta kampanye keselamatan untuk bersedia menjadi agen keselamatan berlalu lintas khususnya untuk diri sendiri dan keluarga dan untuk masyarakat pada umumnya. Beliau juga menyampaikan kerugian akibat kecelakaan lalu lintas, yaitu korban jiwa, kerusakan aset kendaraan/fasilitas umum, potensi penurunan kesejahteraan karena pencari nafkah dikeluarga mengalami kecelakaan, serta ke sistem ekonomi karena penurunan tenaga produktif.

Sedangkan Lurah Pleret Bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. mengajak kepada pamong, Bamuskal dan tokoh masyarakat di Kalurahan Pleret untuk bisa memberi contoh kepada masyarakat dalam keselamatan berlalu lintas yaitu minimal kalau berkendaraan motor harus memakai helm.