Pelantikan, Apel Kesiapan dan Bimtek Petugas Pantarlih Kalurahan Pleret Untuk Pemilu Tahun 2024

13 Februari 2023
Yuono Purwanto
Dibaca 173 Kali
Pelantikan, Apel Kesiapan dan Bimtek Petugas Pantarlih Kalurahan Pleret Untuk Pemilu Tahun 2024

InfoPleret - Pada hari Minggu tanggal 12 Februari 2023 bertempat di Pendopo Kalurahan Pleret dilaksanakan acara Pelantikan, Apel Kesiapan dan Bimbingan Teknis bagi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Kalurahan Pleret untuk Pemilu Tahun 2024.

Hadir dalam acara ini Lurah Pleret Bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs beserta Pamong Kalurahan, Ketua Bamuskal, Perwakilan PPK Kapanewon Pleret, PPS dan Sekretariat PPS Kalurahan Pleret, Panwas Kalurahan Pleret, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Petugas Pantarlih.

Pelantikan Petugas Pantarlih dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB dengan rangkaian acara berupa pengambilan sumpah oleh Ketua PPS Kalurahan Pleret terhadap 41 orang petugas pantarlih, penandatanganan Berita Acara Sumpah, pembacaan dan penandatanganan pakta integritas.

Dalam sambutannya Ketua PPS membacakan kata pembekalan atas nama Ketua KPU Kabupaten Bantul yang intinya menyampaikan selamat kepada petugas pantarlih yang secara resmi menjadi bagian dari penyelenggara pemilu Tahun 2024 dan berpesan agar petugas pantarlih bekerja dengan sungguh sungguh dan cermat dalam melaksanakan pemutakhiran data pemilih sehingga dapat diperoleh data yang akurat dan mutakhir.

Selanjutnya diselenggarakan kegiatan apel kesiapan petugas pantarlih di halaman Kantor Kalurahan Pleret dimana dalam acara apel ini dilaksanakan penyematan atribut pantarlih oleh Ketua PPS kepada perwakilan petugas pantarlih.

Dalam sambutannya Ketua PPS Kalurahan Pleret membacakan sambutan atas nama KPU yang isinya agar dalam menjalankan tugas petugas pantarlih berkoordinasi dengan tokoh masyarakat lokal pada saat akan memulai dan selesai melakukan Coklit data.

Sedangkan untuk acara bimbingan teknis bagi petugas pantarlih disampaikan tiga materi, yaitu materi pemutakhiran data pemilih disampaikan oleh Muh Muknisun (Ketua PPS Kalurahan Pleret) , materi potensi dan antisipasi pelanggaran dalam penyusunan daftar pemilih oleh Annisaul  (PPK Kapanewon Pleret), dan materi cara coklit dengan menggunakan aplikasi E-Coklit oleh Mutia  (PPS Kalurahan Pleret).