Kepala Dinas PMD Kabupaten Badung Dampingi Desa Dalung Kuta Utara Study Tiru di Kalurahan Pleret

21 Juli 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 409 Kali
Kepala Dinas PMD Kabupaten Badung Dampingi Desa Dalung Kuta Utara Study Tiru di Kalurahan Pleret

InfoPleret - Pada hari Kamis, 20 Juli 2023, sebuah kunjungan studi tiru dilakukan oleh Pemerintah Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, ke Kalurahan Pleret, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari dan mengadopsi sistem informasi desa serta penerapan teknologi informasi yang telah berhasil diterapkan di Kalurahan Pleret.

Kunjungan ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Badung, Bapak Komang Budi Argawa, SH., M.Si., Camat Kecamatan Kuta Utara, Putu Eka Permana, S.STp., Perbekel Desa Dalung, I Gede Putu Arif Wirtya, S.Sos., seluruh perangkat desa, BPD, dan lembaga-lembaga di Desa Dalung.

Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., dengan hangat menyambut rombongan dari Desa Dalung dan menyampaikan salam persahabatan serta harapannya bahwa kunjungan ini akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam upaya mewujudkan pemerintahan desa yang lebih efisien dan berdaya guna.

Dalam kunjungan studi ini, Lurah Pleret memaparkan secara rinci sistem informasi desa dan penerapan teknologi informasi yang telah berhasil diimplementasikan di Kalurahan Pleret. Beberapa poin penting yang dibahas dalam presentasi Lurah Pleret antara lain:

Sistem Informasi Desa Terintegrasi: Kalurahan Pleret telah berhasil mengimplementasikan sistem informasi desa yang terintegrasi, menggabungkan data kependudukan, administrasi, keuangan desa, dan program-program pemerintahan desa lainnya dalam satu platform. Hal ini memudahkan akses data bagi perangkat desa dan meminimalkan redundansi data.

Pelayanan Publik Berbasis Teknologi: Lurah Pleret juga menyampaikan bagaimana teknologi informasi digunakan dalam melayani publik. Penerapan sistem informasi ini memungkinkan masyarakat untuk mengakses informasi dan layanan penting secara online, seperti pendaftaran administrasi kependudukan, pengajuan surat keterangan, dan pengaduan masyarakat.

E-Keuangan dan Transparansi: Kalurahan Pleret telah menerapkan sistem e-keuangan untuk mengelola anggaran desa secara digital. Seluruh proses anggaran, pembayaran, dan pelaporan keuangan desa dapat diakses secara transparan oleh masyarakat, BPD, dan pihak berwenang terkait.

Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat: Selama proses implementasi, Kalurahan Pleret memberikan pelatihan dan pemberdayaan kepada perangkat desa dan masyarakat dalam penggunaan teknologi informasi. Hal ini bertujuan agar sistem yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal dan berkelanjutan.

Setelah presentasi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara kedua pihak. Pemerintah Desa Dalung sangat antusias dengan langkah-langkah yang telah diambil oleh Kalurahan Pleret dalam menerapkan sistem informasi desa dan teknologi informasi yang modern. Mereka mengakui bahwa inovasi ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di wilayah mereka.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Badung, Bapak Komang Budi Argawa, menyatakan komitmen untuk mendukung penerapan sistem informasi desa di seluruh desa di Kabupaten Badung. Dia berharap ada kerjasama yang erat antara desa-desa dalam berbagi pengalaman dan sumber daya untuk mendorong kemajuan bersama.

Camat Kecamatan Kuta Utara, Putu Eka Permana, turut memberikan apresiasi atas langkah Kalurahan Pleret dan berharap penerapan teknologi informasi juga dapat diwujudkan di desa-desa di wilayah Kecamatan Kuta Utara.

Kunjungan studi ini menjadi momentum penting bagi Pemerintah Desa Dalung untuk melihat dan belajar dari inovasi yang telah diterapkan di Kalurahan Pleret. Diharapkan, langkah-langkah ini akan memberikan dampak positif bagi pelayanan publik, transparansi, dan efisiensi dalam pemerintahan desa di masa depan. Selanjutnya, diharapkan juga akan ada kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan desa-desa lain di Kabupaten Badung, sehingga tercipta sinergi dan kemajuan bagi seluruh wilayah.