Diskusi Reformasi Birokrasi dan Inovasi Tekhnologi Informasi di Pemerintahan Kalurahan

08 Februari 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 413 Kali
Diskusi Reformasi Birokrasi dan Inovasi Tekhnologi Informasi di Pemerintahan Kalurahan

InfoPleret - Rabu 8 Februari 2023 pukul 09.00 WIB bertempat di Aula Pertemuan Dinas PMK Kabupaten Sleman, Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., memberikan bahan materi diskusi tentang reformasi birokrasi dan penerapan teknologi informasi di pemerintahan kalurahan. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas PMK Kabupaten Sleman, Ketua Paguyuban Dukuh Kabupaten Sleman, Lurah Pleret serta tamu undangan dari Perwakilan Pamong Kalurahan (Dukuh) se Kabupaten Sleman.

Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Kabupaten Sleman ini ditujukan untuk memberikan bekal dalam rangka peningkatan kapasitas kepada Pamong Kalurahan dan Dukuh baru se-Kabupaten Sleman. 

Dalam materi diskusi ini lurah pleret menyampaikan tentang tupoksi Dukuh yang di implementasikan dengan technologi informasi dalam rangka memudahkan dukuh mendapatkan data warganya, baik data kependudukan, data tingkat kesejahteraan maupun data pendukung lainnya yang selalu dibutuhkan untuk menentukan kebijakan di tingkat Padukuhan.

Selain itu lurah pleret juga menyampaikan implementasi reformasi birokrasi pemerintah kalurahan yang sudah dilaksanakan di Kalurahan Pleret, seperti tanda tangan elektronik (TTE), presensi yang terintegrasi dengan website, pelaporan kegiatan dukuh yang memanfaatkan API wa, sistem penyimpanan dan penyajian data, dan banyak inovasi-inovasi lainnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan membuka wawasan bagi para pamong dan dukuh baru yang hadir, agar menjadikan keberhasilan pleret menjuarai lomba evdeskel tingkat provinsi dan regional bisa menjadi inspirasi untuk ditiru, diterapkan dan dilakukan juga di pemerintah kalurahan masing-masing.