Bimteks Perencanaan Kapanewon Wonosari bersama Lurah Pleret

16 Maret 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 232 Kali
Bimteks Perencanaan Kapanewon Wonosari bersama Lurah Pleret

InfoPleret - Kamis 16 Maret 2023, bertempat di Pendopo Kalurahan, Pemerintah Kalurahan Pleret kedatangan kunjungan dari Kapanewon Wonosari Kabupaten Gunungkidul dalam rangka Bimbingan Teknis Perencanaan Pembangunan. 

Rombongan yang berjumlah 46 peserta ini terdiri dari unsur Pemerintah Kapanewon Wonosari, Lurah se Kapanewon Wonosari, Pangripta se Kapanewon Wonosari dan Pendamping P3MD Kapanewon Wonosari. Panewu Anom Bapak Agus Riyanto, S.Sos., MM. selaku pimpinan rombongan disambut langsung oleh Panewu Pleret Ibu Evie Nur Siti Fatonah, S.Sos., MM. dan Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs.

Dalam sambutannya Bapak Agus Riyanto menyampaikan bahwa maksud dan tujuan rombongan datang ke pleret adalah karena mendengar Kalurahan Pleret sudah sangat bagus dalam bidang penyusunan perencanaan serta penerapan banyak inovasi dan digitalisasi didalam menjalankan pemerintahannya. Beliau menyampaikan juga agar Kalurahan - Kalurahan di Wonosari dapat meniru berbagai inovasi yang bagus dan memungkinkan bisa diadopsi dari Kalurahan Pleret.

Sementara itu seperti biasa lurah pleret menyampaikan materi tentang pengalaman menyusun perencanaan di Kalurahan Pleret, mulai dari penyusunan RPJMKal, RKPKal sampai dengan penyusunan APBKal yang semuanya harus sinkron dengan visi misi lurah. Semua penganggaran harus bisa mendukung kebijakan lurah yang tertuang dalam visi-misi dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kalurahan.

Berbagai inovasi tentang teknologi informasi yang mendukung transparansi anggaran dan kegiatan juga menjadi topik diskusi yang sangat menarik bagi para peserta. Selain itu mengenai kedaulatan data yang harus dimiliki oleh desa juga banyak disampaikan dalam rangka penentuan kebijakan dalam hal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Kalurahan.

Acara kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dan dilanjutkan dengan tukar cinderamata dari lurah pleret dan panewu anom kapanewon Wonosari. Setelah itu rombongan melakukan foto bersama dan dilanjutkan dengan mengunjungi museum pleret dan berbagai situs serta destinasi wisata yang ada di Kalurahan Pleret menggunakan kendaraan kereta odong-odong.