Penasaran Dengan Pleret.id, Desa Cemagi dan Tumbakbayuh Orientasi Lapangan Ke Pleret

25 Mei 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 183 Kali
Penasaran Dengan Pleret.id, Desa Cemagi dan Tumbakbayuh Orientasi Lapangan Ke Pleret

InfoPleret - Kamis, 25 Mei 2023 Pemerintah Kalurahan Pleret kedatangan kunjungan orientasi lapangan dalam rangka peningkatan kapasitas perangkat desa dari 2 desa di kecamatan mengwi Kabupaten Badung Provinsi Bali, yaitu Desa Cemagi dan Desa Tumbakbayuh.

Rombongan kunjungan dari Bali ini ditanggapi langsung oleh Ibu Christina Visitasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Kab. Bantul, Panewu Pleret Evie Nur Siti Fatonah, SE., MM., Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., Ketua Bamuskal Pleret Drs. Slamet Widodo dan Segenap Pamong dan Staf Kalurahan Pleret.

Sedangkan rombongan dari Kabupaten Badung dipimpin perwakilan dari Dinas PMD Kabupaten Badung Cok Bagus Pranajaya, Perbekel cemagi I putu Hendra Sastrawan dan Perbekel tumbakbayuh I Nyoman Sarjana. Maksud dan tujuan rombongan orientasi lapangan ke kalurahan pleret adalah dalam rangka melihat secara langsung penerapan Sistem Informasi Desa (SID) yang ada di pleret.id

Selama ini pleret.id sudah sangat terkenal, sehingga banyak pemerintah desa di Kabupaten Badung yang kepingin untuk bisa menirunya. 

Materi pertama disajikan oleh Ibu Christina Visitasi dari Dinas PMK Kabupaten Bantul yang memaparkan tentang penerapan SID di tingkat kabupaten secara umum untuk kalurahan-kalurahan yang ada di Bantul. Kemudian materi kedua disampaikan oleh lurah Pleret yang meliputi:

1. Penggalian potensi Kalurahan/desa

2. Reformasi Birokrasi di tingkat Kalurahan/Desa.

3. Penerapan Teknologi Informasi di Desa

4. Desa daulat data, serta

5. Kiat-kiat Peningkatan SDM dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk membantu memajukan desa/ Kalurahan.

Diharapkan dengan diadakannya orientasi lapangan ini bisa diambil hal-hal positif yang ada di Pleret untuk bisa diterapkan nantinya di wilayah desa lainnya.