Kunjungan Perbekel dan Perangkat Desa Bongkasa Pertiwi

28 Mei 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 424 Kali
Kunjungan Perbekel dan Perangkat Desa Bongkasa Pertiwi

InfoPleret - Sabtu, 27 Mei 2023 pukul 10.00 WIB bertempat di ruang pertemuan Kalurahan Pleret, Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. mendapatkan kunjungan orientasi lapangan dari Pemerintah Desa Bongkasa Pertiwi Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Provinsi Bali.

Rombongan dari Desa Bongkasa Pertiwi yang berjumlah 18 orang dipimpin langsung oleh Perbekel I Nyoman Buda dan Sekretaris Desa I Gusti Agung Gede Wiadnyana, S.PD., M.PD. turut membersamai juga pejabat dari Dinas PMD Kabupaten Badung.

Desa Bongkasa Pertiwi merupakan desa yang berada pada ketinggian kurang dari 500 dari permukaan laut (bukan wilayah pesisir) merupakan satu dari sebelas desa yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Badung melalui Peraturan Bupati No 47 Tahun 2010 sebagai desa wisata. Desa ini masih tergolong muda karena merupakan hasil pemekaran dari Desa Bongkasa. Desa ini terdiri dari tiga banjar diinas yang sekaligus juga menjadi banjar adat, yaitu Banjar Karang Dalem I, Banjar Karang Dalem II, dan Banjar Tegal Kuning. Banjar Karang Dalem I ditetapkan sebagai lokasi untuk pengembangan desa wisata oleh Pemkab Badung.

Setelah tiba di Pleret tamu kunjungan langsung diantar oleh staf kalurahan pleret untuk mengunjungi Museum Pleret, tamu mendapatkan penjelasan oleh guide museum tentang gambaran sejarah Kerajaan Mataram Islam yang dulu Keratonnya ada di wilayah Kalurahan Pleret beserta beberapa barang peninggalan sejarah yang ditemukan di Pleret dan Bantul.

Dalam kesempatan ini banyak sekali diskusi dan pertanyaan tentang pengelolaan Sistem Informasi Desa dan Teknologi Informasi yang ada di Kalurahan Pleret beserta cara mendapatkan begitu banyak data yang disimpan di satu website pleret.id yang merupakan website resmi Pemerintah Kalurahan Pleret.

Lurah Pleret Taufiq Kamal,.S.Kom., M.Cs. memang mempunyai cita-cita kedaulatan data ada di desa, sehingga pemerintah supra desa tinggal singkonisasi saja bila membutuhkan data yang diinginkan, dengan demikian tidak akan ada permasalahan perbedaan data antara pemerintah desa dengan pemerintah diatasnya.

Dan pada akhirnya Pemerintah Desa Bongkasa Pertiwi apresiasi terhadap pengelolaan Desa Digital yang ada di pleret. Mereka berharap kedepan bisa berlahan meniru hal-hal positif terutama tentang pengelolaan SID dan TI yang sudah diterapkan di Kalurahan Pleret.

#Desa #BongkasaPertiwi #Pleret #SID #DesaDigital #Data #DesaDaulatData #HeritageOfMataram