Kultum Jelang Buka Puasa Ramadhan

19 Mei 2019
Vaksin
Dibaca 269 Kali
Kultum Jelang Buka Puasa Ramadhan

infoPleret- Tema yang di usung di Kultum pada kesempatan ini adalah Tentang Dajjal, beserta sifatnya. Bertempat di Masjid Al Furqon Kerto Lor, Kultum dimulai pada pukul 17.00 WIB jelang berbuka puasa bersama. Berikut adalah ulasan yang disampaikan oleh pembicara Kultum yaitu Ibu Hj. Sutilah

Kata Dajjal berasal dari kata dajala, artinya, menutupi (sesuatu).Kamus Lisanul ’Arab mengemukakan beberapa pendapat mengapa disebut Dajjal. Disebut Dajjal karena ia adalah pembohong yang menutupi kebenaran dengan kepalsuan.

Dajjal tidak disebut dalam al-Qur’an, tetapi terdapat dalam hadis dan Sunah yang menguraikan sifat-sifat Dajjal. Dajjal memiliki cacat fisik berupa mata kiri yang buta, dan mata kanan yang dapat melihat tetapi berwarna gelap (hitam). Dalam beberapa hadis menjelaskan ia hanya memiliki sebuah mata. Ia akan menunggangi keledai putih yang satu langkahnya sama dengan satu mil jaraknya. Keledai tersebut memakan api dan menghembus asap, dapat terbang di atas daratan dan menyeberangi lautan. (Rga)