Berita

Dukungan Penguatan Kelembagaan Petani Lumbung Mataraman

18 Maret 2021
Demo
Dibaca 173 Kali
Dukungan Penguatan Kelembagaan Petani Lumbung Mataraman

infoPleret- Kelompok Wanita Tani Srikandi, Kanggotan mendapat kesempatan peningkatan dan pemberdayaan dibidang ketahanan pangan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pabgan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Padukuhan Kanggotan, Kamis (18/03). Kegiatan ini diikuti oleh anggota KWT Srikandi Kanggotan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, BPP Pleret. Turut hadir pada kesempatan ini, Lurah Pleret Taufik Kamal, S.Kom, M.Cs didampingi Ulu-ulu Irvani Andi H, Dukuh Kanggotan Wazirnuri dan Bhabinkamtibmas Pleret Bripka Rofiq Dwi H.

Ketahanan pangan merupakan suatu sistem yang terdiri dari subsistem ketersediaan, distribusi, dan konsumsi. Subsistem ketersediaan pangan berfungsi menjamin pasokan pangan untuk memenuhi kebutuhan seluruh penduduk, baik dari segi kuantitas, kualitas, keragaman dan keamanannya. Subsistem distribusi berfungsi mewujudkan sistem distribusi yang efektif dan efisien untuk menjamin agar seluruh rumah tangga dapat memperoleh pangan dalam jumlah dan kualitas yang cukup sepanjang waktu dengan harga yang terjangkau. Sedangkan subsistem konsumsi berfungsi mengarahkan agar pola pemanfaatan pangan secara nasional memenuhi kaidah mutu, keragaman, kandungan gizi, kemananan dan kehalalannya.

Kegiatan prioritas dalam pembangunan ketahanan pangan adalah pemberdayaan masyarakat agar mereka mampu menolong dirinya sendiri dalam mewujudkan ketahanan pangan. Pemberdayaan masyarakat tersebut diupayakan melalui peningkatan kapasitas SDM, membangun kelembagaan masyarakat, dan menyediakan fasilitas produksi (teknologi dan modal usaha) agar dapat secara bersaing memasuki pasar tenaga kerja dan kesempatan berusaha yang dapat menciptakan dan meningkatkan pendapatan rumah tangga.(orisya)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image