Merti Dusun Padukuhan Gunungan : Sebagai Wujud Rasa Syukur dan Doa Warga Padukuhan Gunungan

29 Agustus 2022
Yuono Purwanto
Dibaca 34 Kali
Merti Dusun Padukuhan Gunungan : Sebagai Wujud Rasa Syukur dan Doa Warga Padukuhan Gunungan

InfoPleret - Warga Padukuhan Gunungan Kalurahan Pleret  menyelenggarakan hajatan Merti Dusun. Acara Merti Dusun ini diawali dengan kegiatan tahlil dan tabur bunga di makam leluhur dan cikal bakal Warga Padukuhan Gunungan yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2022 jam 19.30 WIB.

Selanjutnya pada hari Minggu tanggal 28 Agustus 2022 jam 10.00 WIB dilaksanakan acara Genduri dan pada pukul 13.00 WIB diadakan Kirab Budaya. Acara kirab budaya berlangsung meriah dan diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Padukuhan Gunungan dari orang tua, muda mudi dan anak-anak yang menggunakan busana jawa dan juga mengarak gunungan lanang dan wadon. Acara kirab budaya ini dibuka dan dilepas oleh Dukuh Gunungan Bapak Suprihatin.

Sebagai puncak acara Merti Dusun adalah pagelaran wayang kulit oleh dalang Ki Hadi Sutoyo dan mengambil lakon "Wahyu Cupu Tunggal Rasa". Hadir dalam acara pagelaran wayang kulit ini Panewu Pleret Ibu Evie Nur Siti Fatonah, S.Sos., MM beserta Forkompinkap (Kapolsek dan Danramil Pleret) dan jajarannya, perwakilan dari Dinas Pertanian Kab. Bantul, Lurah Pleret Bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M,Cs. beserta Pamong Kalurahan dan warga masyarakat Padukuhan Gunungan.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Merti Dusun Bapak Eko Slamet Triyono menyampaikan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakan merti dusun ini adalan sebagai wujud rasa syukur sekaligus doa atas rezeki dan nikmat yang diberikan Alloh SWT kepada masyarakat Padukuhan Gunungan, disamping itu juga sebagai usaha untuk ikut nguri-uri atau melestarikan budaya jawa. Acara merti dusun ini akan dilaksanakan rutin setiap 2 (dua) tahun.

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image