Studi Tiru Lurah se Kecamatan Samarinda ilir dan Loa Janan ilir, Kota Samarinda

18 Maret 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 446 Kali
Studi Tiru Lurah se Kecamatan Samarinda ilir dan Loa Janan ilir, Kota Samarinda

infoPleret- Jum'at, 17 Maret 2023 Lurah-lurah se-Kecamatan Samarinda Ilir dan Kecamatan Loa Janan Ilir mengadakan studi tiru tentang UMKM dan Bumdes/Bumdesma di Kalurahan Pleret.

Rombongan dari Kota Samarinda yang berjumlah 13 orang dipimpin oleh Camat Samarinda ilir Bapak Ramdani tiba di kantor Kalurahan Pleret pukul 09.30 WIB diterima langsung oleh Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. dan Direktur Bumkalma (Badan Usaha Milik Kalurahan Bersama) Zunus Riawan.

Dalam sambutannya Camat Samarinda ilir menyampaikan maksud dan tujuannya datang ke pleret dalam rangka sharing kebijakan tentang pendampingan UMKM dan Bumdes/Bumdesma. 

Kemudian dalam sesi pemaparan materi, Lurah Pleret Taufiq Kamal menyampaikan berbagai macam kebijakan dan inovasi dalam mendampingi umkm serta bumdes di Kalurahan Pleret, selain itu juga disampaikan berbagai macam inovasi tentang basis data dan Digitalisasi Pemerintahan yang dimiliki oleh Pemerintah Kalurahan Pleret.

Di sesi materi ke-2 disampaikan oleh Direktur Bumkalma Zunus Riawan yang menyampaikan tentang keberhasilan bumkalma pleret dalam berbagai macam unit usahanya, terutama usaha kredit bergulir kepada kelompok perempuan dan masyarakat di wilayah pleret.

Dalam sesi tanya jawab ternyata banyak sekali pertanyaan yang disampaikan oleh peserta studi tiru, hampir dari semua lurah yang hadir sangat apresiasi terhadap banyaknya inovasi yang dilakukan dan dikembangkan di Kalurahan Pleret, mereka menanyakan dari sisi proses, pembiayaan, pelaksanaan hingga berapa banyak SDM yang terlibat didalam membangun website kalurahan sampai memiliki basis data yang sangat detail dan lengkap ini.

Diharapkan setelah studi tiru ini, lurah - lurah dari Kota Samarinda mempunyai wawasan dan wacana baru untuk bisa meniru Inovasi-inovasi yang sangat luar biasa di Kalurahan Pleret.