Pemerintah dan Lembaga Kalurahan Pleret Kunjungi Desa Cibiru Wetan untuk Peningkatan Kapasitas

25 September 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 76 Kali
Pemerintah dan Lembaga Kalurahan Pleret Kunjungi Desa Cibiru Wetan untuk Peningkatan Kapasitas

BANDUNG, 25 September 2023 - Pada akhir pekan lalu, tepatnya tanggal 23 hingga 24 September 2023, Pemerintah dan Lembaga Kalurahan Pleret melakukan kunjungan penting ke Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas terkait tata kelola pemerintahan dan lembaga desa serta mempererat hubungan antara dua desa yang berbeda wilayah.

Rombongan lurah plerrt berangkat dari Halaman Kantor Pemerintah Kalurahan Pleret Kabupaten Bantul pada Jumat malam dan tiba di Masjid Al Jabbar Bandung pada Sabtu dini har. Setelah melaksanakan sholat subuh di masjid tersebut, peserta kunjungan melanjutkan perjalanan menuju Guest House Desa Wisata Cibiru Wetan.

Setelah sarapan dan bersih-bersih, rombongan disambut oleh tim Desa Wusata Cibiru Wetan di Kantor Desa setempat. Di sana, mereka mendapatkan pemaparan dan mengadakan diskusi bersama Bapak Hadian Supriatna, S.P., selaku Kepala Desa Cibiru Wetan. Diskusi ini membahas berbagai isu terkait tata kelola pemerintaha, kelembagaan potensi desa yang ada.

Pada Sabtu malam, peserta kunjungan diajak untuk mengikuti acara diskusi yang diberi nama "SAKOLA DESA". Acara ini menjadi ajang diskusi dan pembelajaran bagi semua komunitas yang ada di Desa Cibiru Wetan. Lokasi pelaksanaan SAKOLA DESA bersama Pemerintah Kalurahan Pleret dilaksanakan di Guest House Markissa, dan diskusi dipandu oleh Sekretaris Desa, Ade Mahmudin serta didampingi juga oleh Kepala Desa Hadian Supriatna.

Yang menarik dari acara SAKOLA DESA ini adalah pendekatannya yang menganggap semua komponen yang hadir setara dalam status berdiskusi dan berpendapat. Ini menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendorong partisipasi aktif dari semua peserta.

Kunjungan ini merupakan langkah positif dalam mempererat hubungan antara Pemerintah dan Lembaga Kalurahan Pleret dengan Desa Cibiru Wetan. Hal ini juga memberikan kesempatan bagi semua pihak untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta merencanakan langkah-langkah kolaboratif untuk pembangunan desa yang lebih baik.