Program Gampil DPMPT Kabupaten Bantul Memudahkan Proses Pengurusan NIB di Gerbang Pleret

26 September 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 69 Kali
Program Gampil DPMPT Kabupaten Bantul Memudahkan Proses Pengurusan NIB di Gerbang Pleret

InfoPleret - Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPT) Kabupaten Bantul menggelar acara "Gerakan Melayani Perijinan Langsung" atau yang dikenal sebagai Gampil di Gerbang Pleret. Acara yang berlangsung pada Senin, 25 September 2023, ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Gampil, singkatan dari Gerakan Melayani Perijinan Langsung, adalah inisiatif yang dirancang untuk menyederhanakan dan mempercepat proses pengurusan NIB. Dalam program ini, masyarakat dapat mengurus NIB secara langsung dan mendapatkan nomor NIB dalam satu kunjungan.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat terkait, termasuk Perwakilan DPMPT Kabupaten Bantul, Bapak Iskal, dan Ibu Nuraini dari Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Hadir juga Ibu Arifah dari Kapanewon Pleret serta Rifqi Fatoni, A.Md., Kaur Tatalaksana Kalurahan Pleret.

Pada kesempatan ini, Bapak Iskal menyampaikan komitmen DPMPT Kabupaten Bantul untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal perizinan usaha. "Dengan adanya program Gampil, kami berharap masyarakat dapat lebih mudah dan cepat dalam mengurus NIB, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bantul," ujar Bapak Iskal.

Selain itu, Ibu Arifah dari Kapanewon Pleret juga memberikan apresiasi terhadap inisiatif ini. "Kami berterima kasih kepada DPMPT Kabupaten Bantul yang telah membantu masyarakat dalam mengurus NIB dengan lebih efisien. Semoga program ini terus berjalan dengan baik," ucapnya.

Acara Gampil ini dilaksanakan di Co-working Space Gerbang Pleret, yang telah disiapkan sebagai tempat pelayanan. Dengan fasilitas yang nyaman dan dukungan dari berbagai instansi terkait, masyarakat diharapkan dapat dengan lancar mengurus perijinan usaha mereka.

Program Gampil DPMPT Kabupaten Bantul di Gerbang Pleret merupakan langkah positif dalam upaya mempermudah proses pengurusan NIB bagi masyarakat. Dengan semakin mudahnya mendapatkan NIB, diharapkan akan mendorong pertumbuhan usaha dan investasi di Kabupaten Bantul serta memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat setempat.