TASK Salah Satu Inovasi Digitalisasi Penugasan di Kalurahan Pleret

08 Desember 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 280 Kali
TASK Salah Satu Inovasi Digitalisasi Penugasan di Kalurahan Pleret

InfoPleret - Kamis (8/12) Pemerintah Kalurahan Pleret terus mengembangkan berbagai aplikasi digital berbasis website di dalam Sistem Informasi Kalurahannya. Salah satu diantaranya adalah menu TASK yang sudah dijalankan semenjak 2 bulan ini.

TASK adalah salah satu menu aplikasi di pleret.id yang berisikan disposisi tugas dari lurah kepada pamong dan staf kalurahan. Penugasan ini secara otomatis akan muncul di setiap akun pamong kalurahan yang sudah terintegrasi dengan website kalurahan.

Setiap surat masuk yang datang akan di scan di sekretariat oleh petugas arsip dan diinput ke dalam menu persuratan yang ada di pleret.id, kemudian surat tersebut diverifikasi carik dan lurah akan membuat disposisi secara digital, selanjutnya penugasan disposisi tersebut akan otomatis terpampang didalam halaman tugas masing masing pamong dan staf yang mendapatkan disposisi. Selain itu pamong dan staf akan mendapatkan juga kiriman notifikasi disposisi melalui wa kalurahan.

Setelah disposisi sampai, maka selanjutnya akan ada menu penyelesaian tugas yang perlu dilampirkan bukti kegiatan yang sudah dilaksanakan sebagai laporan dan bukti penyelesaian pekerjaan kepada lurah. Dokumen ini secara keseluruhan akan otomatis terarsip dengan rapi di website kalurahan.

Selain Penugasan didalam menu TASK juga ada beberapa sub menu diantaranya:

Sub Menu Aktivitas, berisi aktivitas kegiatan lurah dan seluruh pamong beserta staf selama satu hari dari kegiatan presensi saat masuk, laporan kegiatan yang dilaksanakan sampai dengan presensi saat pulang kerja, aktifitas saat kerja dilampirkan foto kegiatan beserta status kegiatan yang dilaksanakan.

Sub Menu Laporan, berisi laporan tugas seluruh pamong dan staf yang tersusun rapi berdasatkan urutan waktu pelaksanaan kegiatan, didalam menu ini ada keterangan belum dikerjakan, sedang dikerjakan, selesai dikerjakan dan ijin tidak mengerjakan kepada lurah. Dengan menu ini setiap pamong dan staf akan mengetahui tugasnya apa dan kapan harus selesai dikerjakan.

Sub Menu Agenda Lain, berisi agenda penting yang akan dilaksanakan di Kalurahan, baik kegiatan yang melibatkan pemerintah kalurahan maupun kegiatan masyarakat yang dilaksanakan di lokasi kantor kalurahan. Menu ini akan membantu kaur Tatalaksana dalam menata jadwal pemakaian Pendopo, GOR, Ruang Rapat dan juga fasilitas tempat lainnya agar terpantau dan tidak ada dobel kegiatan di waktu dan tempat yang sama.

Sub Menu SPP Terakhir, berisi informasi dan daftar SPP yang dicairkan oleh para pelaksana kegiatan, didalam menu ini akan terlihat rincian transfer CMS yang dilaksanakan kepada pihak penyedia barang/jasa didalam setiap kegiatan. 

Diharapkan dengan menu TASK ini akan membantu para pamong, pelaksana kegiatan dan staf dalam setiap pelaksanaan tugasnya yang diberikan dari lurah, semua akan teragenda secara baik dan terarsip secara rapi dalam bentuk data digital di dalam website kalurahan.