Peningkatan Kapasitas Lurah dan Pamong di Grand Rohan Yogyakarta

31 Maret 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 216 Kali
Peningkatan Kapasitas Lurah dan Pamong di Grand Rohan Yogyakarta

InfoPleret - Rabu-Kamis (30-31/03/2022) bertempat di ruang Zara 3 dan Zara 4 Hotel Grand Rohan Yogyakarta, Lurah, Kaur Danarta dan Kaur Tatalaksana Kalurahan Pleret menghadiri Peningkatan Kapasitas Lurah dan Pamong dalam penyelenggaraan urusan keistimewaan kalurahan.

Hadir Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. dalam kelas Lurah,  Dwi Zuliyanti, SIP., Selaku Kaur Danarta, dan Rifqi Fatoni, A.Md. selaku Kaur Tatalaksana dalam kelas pamong. Kegiatan peningkatan kapasitas ini di inisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Kabupaten Bantul.

Kegiatan peningkatan kapasitas ini berfokus tentang regulasi dan tatakelola dana keistimewaan. Para narasumber memaparkan berbagai hal terkait danais. Mulai dari sejarahnya hingga faktor-faktor terkait apa yang membuat Yogyakarta menjadi Istimewa, salah satunya adalah dimana APBN pertama berasal dari sumbangan Sri Sultan Hamengkubuwono ke IX. Selain berbagai hal terkait keistimewaan dijelaskan pula terkait disiplin pamong dan tentang Satriya Pamong.

Diharapkan setelah selesai peningkatan kapasitas ini seluruh peserta bisa menularkan ilmunya kepada pamong yang lain dan lebih faham lagi tentang regulasi serta tatacara tahapan untuk bisa meraih dana keistimewaan.